BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Usaha
pemberdayaan masyarakat pada saat ini semakin mendapat perhatian yang mendalam
dari banyak pihak, lebih-lebih usaha masyarakat di daerah-daerah pedesaan
dengan segala potensi yang dimilikinya. Perhatian khusus ini tidaklah terjadi
secara kebetulan, melainkan didorong oleh alasan yang kuat guna membantu
masyarakat untuk lebih melibatkan diri dan berperan di dalam kegiatan
pembangunan. Program pemberdayaan masyarakatdengan mengikutsertakan seluruh
lapisan masyarakat bertujuan untuk menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam
mensukseskan pembangunan nasional.
Peran
Perguruan Tinggi sebagai suatu masyarakat ilmiah, tidak akan terlepas dari
tanggung jawab tersebut, yaitu keikutsertaannya dalam pemberdayaan masyarakat
melalui penyuluhan-penyuluhan. Selain itu, untuk memenuhi kerjasama antara masyarakat
umum dengan Perguruan Tinggi terdapat aspek-aspek yang bernilai fundamental dan
berwawasan filosofis yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang
lainnya.
Di
dalam program pembangunan nasional ditetapkan bahwa peningkatan dan pembangunan
Perguruan Tinggi dalam usaha pembangunan diarahkan untuk:
1) Pengembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan-kegiatan penelitian sesuai
dengan kebutuhan pembangunan masa sekarang dan masa mendatang;
2) Mendidik
mahasiswa agar mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, berjiwa penuh
pengabdian serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masa depan
bangsa dan Negara Indonesia dalam rangka pelaksanaan Tridharma Perguruan
Tinggi;
3) Mengembangkan
tata kehidupan kampus sebagai masyarakat ilmiah yang berbudaya, bermoral
Pancasila dan berkepribadian Indonesia;
4) Mengintegrasikan
pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi;
5) Melaksanakan
kegiatan dengan pendekatan interdisipliner dan komprehensif;
6) Melibatkan
kegiatan lintas sektoral;
7) Bersifat
dinamis, luas, dan pragmatis; dan
8) Melibatkan
masyarakat secara aktif.
Kuliah
Kerja Nyata (KKN) dan praktik lapangan merupakan modal yang tepat untuk maksud
tertentu, sekaligus merupakan langkah konkret pelaksanaan Tridharma Perguruan
Tinggi. Mahasiswa sebagai calon atau kader pemimpin bangsa harus dikembangkan
potensinya, diasah kemampuan serta perannya, sehingga terlahirlah mahasiswa
sebagai manusia yang utuh dan bermanfaat bagi usaha-usaha pembangunan nasional
ataupun pembangunan daerah.
Secara
ideal, Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu program perkuliahan yang
dimasukkan dalam program pendidikan di Indonesia sebagai suatu program
pengabdian pada masyarakat di Indonesia. Program pengabdian ini dilaksanakan
oleh para mahasiswa yang telah memenuhi berbagai persyaratan dan dianggap mampu
melihat berbagai masalah atau tantangan dalam masyarakat untuk dicari jalan
pemecahannya. Terutama berkenaan dengan pembangunan desa.
Upaya
yang terkandung dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini selaras dengan
usaha pemerintah dalam mengembangkan dan membangun desa, yaitu:
1. Menempatkan
warga desa dalam kedudukan yang sebenarnya sebagai warga desa dalam Negara
Republik Indonesia, artinya tidak ada perbedaan antara penduduk desa dengan
penduduk kota;
2. Mengusahakan
agar corak kehidupan dan penghidupan warga desa dapat ditingkatkan atas dasar
alam pikiran yang logis dan pragmatis;
3. Mengusahakan
agar warga desa dapat lebih bersifat kreatif, dinamis dan fleksibel dalam
memecahkan kesulitan atau masalah-masalah yang dialaminya; dan
4. Membantu
serta mengikutsertakan Program Pemerintah dalam peningkatan Indek Pembangunan
Manusia Indonesia khususnya di Jawa Barat sehingga menjadi provinsi yang terus
maju.
Pada
akhirnya harus digarisbawahi dan disadari bahwa nilai-niai yang terkandung
dalam pendidikan praktik pengabdian pada masyarakat berfungsi sebagai
dinamisator, transformator dan konseptor itu, semuanya dalam rangka ikut serta
dan rasa tanggung jawab untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dimanapun
mereka berada.
Oleh
karena itu, dirasa perlu untuk melaksanakan KKN Tematik Posdaya yang bertujuan
untuk mensinergikan program pembangunan nasional berkenaan dengan peningkatan
dan pengembangan Perguruan Tinggi yang diselaraskan dengan usaha pemerintah
dalam mengembangkan dan membangun desa. Melalui KKN Tematik Posdaya, diharapkan
para mahasiswa mampu membangkitkan kembali budaya gotong royong di masyarakat
dalam membangun kemandirian kehidupan berkeluarga (bermasyarakat).
Kegiatan
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi bidang pengabdian
kepada masyarakat. Kegiatan ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa
agar dapat menjadi manusia yang mampu berintegrasi dengan lingkungan sekitar, mengabdi kepada masyarakat
secara langsung, mengidentifikasi, serta belajar menangani masalah-masalah
pembangunan yang sedang dihadapi. Oleh karena itu, Kuliah Kerja Nyata (KKN)
dilaksanakan di luar kampus, ditengah-tengah masyarakat dengan maksud
meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan
masyarakat yang ada.
Adapun
KKN Tematik Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) adalah kegiatan kuliah kerja
nyata melalui pemberdayaan keluarga. Pada dasarnya, setiap masyarakat itu
mempunyai potensi yang perlu dikaji dan
digali. Posdaya adalah forum silaturahmi, komunikasi, advokasi dan wadah
kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu yang dilaksanakan
dari, oleh, dan untuk masyarakat. Posdaya merupakan sebuah kegiatan
pemberdayaan masyarakat yang mengimplementasikan nilai-nilai kegotongroyongan
di masyarakat dengan tujuan untuk menumbuhkan dan mendayagunakan potensi lokal
yang ada untuk pemberdayaan masyarakat setempat.
1.2
Tujuan
Kuliah Kerja Nyata
Kuliah
Kerja Nyata sebagai program intrakurikuler bertujuan untuk memberikan
pendidikan kepada mahasiswa melalui pengalaman belajar langsung dari, oleh dan
untuk masyarakat. Lebih khusus, tujuan Kuliah Kerja Nyata ini adalah:
a. Memberikan
pengalaman belajar dan pengalaman bekerja nyata kepada mahasiswa tentang
pembangunan masyarakat melalui pengembangan Posdaya.
b. Menumbuhkan
sikap dewasa dan kepribadian mahasiswa yang kritis, tanggap terhadap apa yang
terjadi di masyarakat.
c. Meningkatkan
dan menambah keluasan wawasan mahasiswa.
d. Melatih
mahasiswa untuk dapat bekerja secara terpadu dalam rangka pembentukan calon
sarjana yang bermutu baik, mandiri dan siap menjawab tantangan serta
permasalahan bangsa sesuai dengan kepentingan perkembangan IPTEKS.
e. Menjalin
relevansi Perguruan Tinggi dengan kebutuhan masyarakat.
1.3
Sasaran
Kuliah Kerja Nyata
Kuliah
Kerja Nyata (KKN) mempunyai tiga kelompok sasaran, yakni mahasiswa, masyarakat
bersama pemerintah daerah, dan perguruan tinggi.
1.
Bagi mahasiswa.
a. Memberikan
pengalaman langsung untuk menerapkan konsep-konsep ilmu pengetahuan yang telah
diperoleh selama menempuh pendidikan di Universitas Surayakancana Cianjur.
b. Menemukan
dan menerapkan konsep ilmiah yang telah dimilikinya secara komprehensif.
c. Melibatkan
diri secara langsung dalam proses pembangunan manusia.
d. Menjalin
kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait secara serasi.
2.
Bagi masyarakat dan
pemerintah daerah.
a. Membantu
masyarakat dan pemerintah daaerah dalam pelaksanaan pembangunan terutama bidang
pendidikan, persekolahan dan pendidikan luar sekolah.
b. Meningkatkan
kesadaran masyarakat untuk aktif dalam pembangunan desa.
c. Membantu
masyarakat dan pemerintah daerah dalam mengembangkan kemampuan kader-kader
penerus pembangunan desa.
3.
Bagi Universitas
Suryakancana Cianjur.
a. Mewujudkan
fungsi Tridharma Perguruan Tinggi secara terpadu, selaras dan seimbang dengan
kebutuhan masyarakat.
b. Mendapatkan
umpan balik dari masyarakat guna perbaikan kurikulum yang sesuai dengan
keperluan masyarakat.
c. Memantapkan
program KKN sebagai sarana belajar praktis yang efektif dan efisien.
Secara
keseluruhan, sasaran pelaksanaan kegiatan KKN Tematik Posdaya Tahun 2013 ini
adalah:
1) Melibatkan
mahasiswa secara langsung dalam proses pembangunan manusia melalui pemberdayaan
keluarga demi mengentaskan kemiskinan dan mengatasi masalah lainnya.
2) Menjalin
kerjasama universitas dengan pihak-pihak yang terkait secara serasi.
3) Membantu
masyarakat dan pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan terutama bidang
pendidikan, persekolahan dan pendidikan luar sekolah.
4) Meningkatkan
kesadaran masyarakat untuk aktif dalam pembangunan desa melalui kegiatan
kreatif dan inovatif guna mengatasi masalah yang dihadapi baik berkenaan dengan
pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan, maupun agama.
5) Membantu
mewujudkan desa sadar hukum.
6) Membantu
masyarakat dan pemerintah daerah dalam mengembangkan kemampuan kader-kader penerus
pembangunan desa.
1.4
Waktu
dan Lokasi kuliah Kerja Nyata
1.4.1
Waktu
Waktu
pelaksanaanKuliah Kerja Nyata di Lakukan dengan tahap
a. Diklat
peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik Posdaya tingkat Universitas akan dilaksanakan tanggal 01 Juni 2013, sedangkan
untuk diklat DPL tanggal 04 Juni 2013.
b. Pelepasan
tanggal 07 Juni 2013.
c. Kegiatan
Kuliah Kerja Nyata di mulai tanggal 07 Juni 2013
d. Loka
karya dilaksanakan di tingkat Desa , Kecamatan dan Universitas.
1.4.2
Lokasi
a. Diklat
dilaksanakan di kampus Universitas Suryakancana Cianjur untuk seluruh peserta.
b. Lokasi
kegiatan KKN
Lokasi kegiatan KKN
Universitas Surya Kancana Cianjur angkatan XI diwilayah Kabupaten Cianjur
dengan mengambil lokasi di kecamatan Cibeber di 16 desa dengan rincian sebagai
berikut.
1. Desa
Cihaur
2. Desa
Cipetir
3. Desa
Peteuycondong
4. Desa
Mayak
5. Desa
Cikondang
6. Desa
Sukaraharja
7. Desa
Sukamaju
8. Desa
Cibaregbeg
9. Desa
Kanoman
10. Desa
Cibadak
11. Desa
Selagedang
12. Desa
Cibokor
13. Desa
Karang Nunggal
14. Desa
Girimulya
15. Desa
Sukamanah
16. Desa
Salam Nunggal
Las Vegas' Wynn Casino - JTM Hub
BalasHapusCasino. Wynn is a $4 billion resort with four herzamanindir.com/ hotel towers with 5,750 rooms septcasino and suites. Each of the hotel towers includes a 20,000 출장안마 square foot casino and 출장마사지 a 토토 사이트