Sabtu, 01 Februari 2014

Kuliah Kerja nyata

BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Usaha pemberdayaan masyarakat pada saat ini semakin mendapat perhatian yang mendalam dari banyak pihak, lebih-lebih usaha masyarakat di daerah-daerah pedesaan dengan segala potensi yang dimilikinya. Perhatian khusus ini tidaklah terjadi secara kebetulan, melainkan didorong oleh alasan yang kuat guna membantu masyarakat untuk lebih melibatkan diri dan berperan di dalam kegiatan pembangunan. Program pemberdayaan masyarakatdengan mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat bertujuan untuk menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam mensukseskan pembangunan nasional.
Peran Perguruan Tinggi sebagai suatu masyarakat ilmiah, tidak akan terlepas dari tanggung jawab tersebut, yaitu keikutsertaannya dalam pemberdayaan masyarakat melalui penyuluhan-penyuluhan. Selain itu, untuk memenuhi kerjasama antara masyarakat umum dengan Perguruan Tinggi terdapat aspek-aspek yang bernilai fundamental dan berwawasan filosofis yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya.
Di dalam program pembangunan nasional ditetapkan bahwa peningkatan dan pembangunan Perguruan Tinggi dalam usaha pembangunan diarahkan untuk:
1)      Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kegiatan-kegiatan penelitian sesuai dengan kebutuhan pembangunan masa sekarang dan masa mendatang;
2)      Mendidik mahasiswa agar mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, berjiwa penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan Negara Indonesia dalam rangka pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi;
3)      Mengembangkan tata kehidupan kampus sebagai masyarakat ilmiah yang berbudaya, bermoral Pancasila dan berkepribadian Indonesia;
4)      Mengintegrasikan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi;
5)      Melaksanakan kegiatan dengan pendekatan interdisipliner dan komprehensif;
6)      Melibatkan kegiatan lintas sektoral;
7)      Bersifat dinamis, luas, dan pragmatis; dan
8)      Melibatkan masyarakat secara aktif.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan praktik lapangan merupakan modal yang tepat untuk maksud tertentu, sekaligus merupakan langkah konkret pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Mahasiswa sebagai calon atau kader pemimpin bangsa harus dikembangkan potensinya, diasah kemampuan serta perannya, sehingga terlahirlah mahasiswa sebagai manusia yang utuh dan bermanfaat bagi usaha-usaha pembangunan nasional ataupun pembangunan daerah.
Secara ideal, Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu program perkuliahan yang dimasukkan dalam program pendidikan di Indonesia sebagai suatu program pengabdian pada masyarakat di Indonesia. Program pengabdian ini dilaksanakan oleh para mahasiswa yang telah memenuhi berbagai persyaratan dan dianggap mampu melihat berbagai masalah atau tantangan dalam masyarakat untuk dicari jalan pemecahannya. Terutama berkenaan dengan pembangunan desa.
Upaya yang terkandung dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini selaras dengan usaha pemerintah dalam mengembangkan dan membangun desa, yaitu:
1.      Menempatkan warga desa dalam kedudukan yang sebenarnya sebagai warga desa dalam Negara Republik Indonesia, artinya tidak ada perbedaan antara penduduk desa dengan penduduk kota;
2.      Mengusahakan agar corak kehidupan dan penghidupan warga desa dapat ditingkatkan atas dasar alam pikiran yang logis dan pragmatis;
3.      Mengusahakan agar warga desa dapat lebih bersifat kreatif, dinamis dan fleksibel dalam memecahkan kesulitan atau masalah-masalah yang dialaminya; dan
4.      Membantu serta mengikutsertakan Program Pemerintah dalam peningkatan Indek Pembangunan Manusia Indonesia khususnya di Jawa Barat sehingga menjadi provinsi yang terus maju.
Pada akhirnya harus digarisbawahi dan disadari bahwa nilai-niai yang terkandung dalam pendidikan praktik pengabdian pada masyarakat berfungsi sebagai dinamisator, transformator dan konseptor itu, semuanya dalam rangka ikut serta dan rasa tanggung jawab untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dimanapun mereka berada.
Oleh karena itu, dirasa perlu untuk melaksanakan KKN Tematik Posdaya yang bertujuan untuk mensinergikan program pembangunan nasional berkenaan dengan peningkatan dan pengembangan Perguruan Tinggi yang diselaraskan dengan usaha pemerintah dalam mengembangkan dan membangun desa. Melalui KKN Tematik Posdaya, diharapkan para mahasiswa mampu membangkitkan kembali budaya gotong royong di masyarakat dalam membangun kemandirian kehidupan berkeluarga (bermasyarakat).
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pelaksanaan  Tridharma perguruan tinggi bidang pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa agar dapat menjadi manusia yang mampu berintegrasi  dengan lingkungan sekitar, mengabdi kepada masyarakat secara langsung, mengidentifikasi, serta belajar menangani masalah-masalah pembangunan yang sedang dihadapi. Oleh karena itu, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan di luar kampus, ditengah-tengah masyarakat dengan maksud meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat yang ada.
Adapun KKN Tematik Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) adalah kegiatan kuliah kerja nyata melalui pemberdayaan keluarga. Pada dasarnya, setiap masyarakat itu mempunyai potensi  yang perlu dikaji dan digali. Posdaya adalah forum silaturahmi, komunikasi, advokasi dan wadah kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu yang dilaksanakan dari, oleh, dan untuk masyarakat. Posdaya merupakan sebuah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang mengimplementasikan nilai-nilai kegotongroyongan di masyarakat dengan tujuan untuk menumbuhkan dan mendayagunakan potensi lokal yang ada untuk pemberdayaan masyarakat setempat.

1.2              Tujuan Kuliah Kerja Nyata
Kuliah Kerja Nyata sebagai program intrakurikuler bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada mahasiswa melalui pengalaman belajar langsung dari, oleh dan untuk masyarakat. Lebih khusus, tujuan Kuliah Kerja Nyata ini adalah:
a.       Memberikan pengalaman belajar dan pengalaman bekerja nyata kepada mahasiswa tentang pembangunan masyarakat melalui pengembangan Posdaya.
b.      Menumbuhkan sikap dewasa dan kepribadian mahasiswa yang kritis, tanggap terhadap apa yang terjadi di masyarakat.
c.       Meningkatkan dan menambah keluasan wawasan mahasiswa.
d.      Melatih mahasiswa untuk dapat bekerja secara terpadu dalam rangka pembentukan calon sarjana yang bermutu baik, mandiri dan siap menjawab tantangan serta permasalahan bangsa sesuai dengan kepentingan perkembangan IPTEKS.
e.       Menjalin relevansi Perguruan Tinggi dengan kebutuhan masyarakat.

1.3              Sasaran Kuliah Kerja Nyata
Kuliah Kerja Nyata (KKN) mempunyai tiga kelompok sasaran, yakni mahasiswa, masyarakat bersama pemerintah daerah, dan perguruan tinggi.
1.         Bagi mahasiswa.
a.    Memberikan pengalaman langsung untuk menerapkan konsep-konsep ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di Universitas Surayakancana Cianjur.
b.   Menemukan dan menerapkan konsep ilmiah yang telah dimilikinya secara komprehensif.
c.    Melibatkan diri secara langsung dalam proses pembangunan manusia.
d.   Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait secara serasi.

2.         Bagi masyarakat dan pemerintah daerah.
a.    Membantu masyarakat dan pemerintah daaerah dalam pelaksanaan pembangunan terutama bidang pendidikan, persekolahan dan pendidikan luar sekolah.
b.   Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk aktif dalam pembangunan desa.
c.    Membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam mengembangkan kemampuan kader-kader penerus pembangunan desa.
3.         Bagi Universitas Suryakancana Cianjur.
a.    Mewujudkan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi secara terpadu, selaras dan seimbang dengan kebutuhan masyarakat.
b.   Mendapatkan umpan balik dari masyarakat guna perbaikan kurikulum yang sesuai dengan keperluan masyarakat.
c.    Memantapkan program KKN sebagai sarana belajar praktis yang efektif dan efisien.
Secara keseluruhan, sasaran pelaksanaan kegiatan KKN Tematik Posdaya Tahun 2013 ini adalah:
1)      Melibatkan mahasiswa secara langsung dalam proses pembangunan manusia melalui pemberdayaan keluarga demi mengentaskan kemiskinan dan mengatasi masalah lainnya.
2)      Menjalin kerjasama universitas dengan pihak-pihak yang terkait secara serasi.
3)      Membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan terutama bidang pendidikan, persekolahan dan pendidikan luar sekolah.
4)      Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk aktif dalam pembangunan desa melalui kegiatan kreatif dan inovatif guna mengatasi masalah yang dihadapi baik berkenaan dengan pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan, maupun agama.
5)      Membantu mewujudkan desa sadar hukum.
6)      Membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam mengembangkan kemampuan kader-kader penerus pembangunan desa.

1.4              Waktu dan Lokasi kuliah Kerja Nyata
1.4.1        Waktu
Waktu pelaksanaanKuliah Kerja Nyata di Lakukan dengan tahap
a.       Diklat peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik Posdaya tingkat Universitas akan  dilaksanakan tanggal 01 Juni 2013, sedangkan untuk diklat DPL tanggal 04 Juni 2013.
b.      Pelepasan tanggal 07 Juni 2013.
c.       Kegiatan Kuliah Kerja Nyata di mulai tanggal 07 Juni 2013
d.      Loka karya dilaksanakan di tingkat Desa , Kecamatan dan Universitas.
1.4.2        Lokasi
a.       Diklat dilaksanakan di kampus Universitas Suryakancana Cianjur untuk seluruh peserta.
b.      Lokasi kegiatan KKN
Lokasi kegiatan KKN Universitas Surya Kancana Cianjur angkatan XI diwilayah Kabupaten Cianjur dengan mengambil lokasi di kecamatan Cibeber di 16 desa dengan rincian sebagai berikut.

1.      Desa Cihaur
2.      Desa Cipetir
3.      Desa Peteuycondong
4.      Desa Mayak
5.      Desa Cikondang
6.      Desa Sukaraharja
7.      Desa Sukamaju
8.      Desa Cibaregbeg
9.      Desa Kanoman
10.  Desa Cibadak
11.  Desa Selagedang
12.  Desa Cibokor
13.  Desa Karang Nunggal
14.  Desa Girimulya
15.  Desa Sukamanah
16.  Desa Salam Nunggal


1 komentar:

  1. Las Vegas' Wynn Casino - JTM Hub
    Casino. Wynn is a $4 billion resort with four herzamanindir.com/ hotel towers with 5,750 rooms septcasino and suites. Each of the hotel towers includes a 20,000 출장안마 square foot casino and 출장마사지 a 토토 사이트

    BalasHapus